skripsi

Pengertian Surveilans Epidemiologi

Dimana lagi kalau bukan unikbaca

Pengertian surveilans epidemiologi meliputi yang saya post di blog ini adalah permasalahannya, visi dan misinya dan lain sebagainya, jadi apa pengertian surveilans epidemiologi, dulu pernah saya posting tentang surveilans epidemiologi coba cek  it drot saja. klik di survailans epidemiologi.

Baik inilah pengertian surveilans epidemiologi adalah sutu rangkaian proses pengamatan yang terus menerus dan sitematik terhadap terjadinya penyebaran penyakit serta kondisi yang memperbesar resiko penularan dengan melakukan pengumpulan, analaisis, interpretasi data dan peneybaran hasil interpretasi, serta tindak lanjut perbaikan dan perubahan (Ditjen PPM&PLP, 2003)

Aktivitas penting surveilans epidemiologi 
  1. Pengumpulan data epidemiologi secara sistematis.
  2. Pengolahan, analisa dan interpretasi data agar menghasilkan informasi epidemiologi.
  3. Penggunaan informasi untuk menentukan tindakan perbaikan yang perlu dilakukan atau peningkatan program dalam menyelesaikan masalah.
Permasalahan surveilans saat ini
  1. Data tidak dianalisis
  2. Umpan balik kesumber data yang jarang.
  3. Banyak beban pada sumber data
  4. Kurang mendapat perhatian dari pimpinan
Visi surveilans
Tersedianya informasi epidemiologi yang berkualitas dalam rangka menunjang pembangunan Nasional menuju Indonesia Sehat 2010, (Neh udah 2010, entah kapan ya Indonesia Sehat, Hahaha (*.*) 2012 aja dah).

Misi Surveilans
  1. Meningkatkan kemampuan petugas surveilans dalam melakukan analisis data dalam seluruh jenjang andministrasi.
  2. Menggalang serta meningkatkan kemitraaan unit surveilans dalam pertukaran/ penyebaran informasi dengan pusat penelitian, perguruan tinggi, LSM, dan semua pihak yang terkait.
  3. Memperkuat sistem surveilans penyakit ayang telah menjadi prioritas program pemberantasan Internasional, Regional, Nasional maupun daerah.
  4. Memperkuat pengembangan SDM di bidang epidemiologi disetiap unit pelaksana program kesehatan.
Nah demikianlah visi, misi serta permasalah dalm surveilans epidemiologi, terima ksih telah membaca pengertian surveilans epidemiologi