Obat Pengencer Dahak Alami

Dimana lagi kalau bukan unikbaca

Obat pengencer dahak alami Dr Ziment, profesor obat pengencer dahak alami penyakit obat pengencer dahak alami dalam pada California School of Medicine dan penulis buku Respiratory Pharmacology and Therapeutics menyebutkan bahwa bawang putih merupakan salah satu obat favoritnya untuk mengatasi batuk berda- hak secara alami. Unsur aktif yang berkhasiat sebagai pengencer dahak adalah aliin. Aliin merupakan preparat dekongestan yang poten jika dimakan bersama vitamin C, karena vitamin C akan memecah aliin menjadi senyawa yang struktur kimianya mirip dengan karboksimetilsistein. Karboksimetilsistein merupakan unsur aktif dalam beberapa jenis obat batuk seperti Mucocil, Mucopront dan Solmux.
Bawang putih yang digunakan sebagai obat batuk sebaiknya tidak dikunyah atau digerus agar aliin tidak berubah menjadi alisin, senyawa berbau yang menjadi ciri khas bawang putih. Alisin lebih berkhasiat sebagai antibiotik ketimbang ekspektoran dan dikenal dengan julukan "penisilin Rusia". Makanan lain yang juga merupakan pengencer dahak tradisional di negara Barat adalah mustard yang mengandung alil isotiosianat, yaitu senyawa yang serupa dengan aliin.

Dalam ilmu pengobatan kuno, Hippocrates menggunakan campuran cuka dan merica sebagai obat gangguan pernafasan. Di abad ke-12, Maimonides menganjurkan minum kaldu ayam yang pedas untuk melancarkan pengeluaran dahak yang kental dari dalam paru. Dan di zaman modern ini, Dr Ziment, Kepala Bagian Penyakit Dalam dan Direktur Unit Respiratorius, Olive View Medical Center di L.A. Amerika Serikat, menganjurkan konsumsi makanan pedas paling tidak sekali sehari pada gangguan pernapasan seperti emfisema dan bronkitis kronis. Namun, cara ini tidak dianjurkan untuk sariawan atau radang tenggorokan, mengingat sifat cabai dan cuka yang iritatif bagi selaput lendir.

Pengobatan selesma dengan makanan/minuman yang agak pedas hanya dianjur- kan pada penderita selesma ringan yang menyukai makanan pedas dan memiliki kondisi tubuh yang baik tanpa menderita penyakit lain seperti sakit maag.

Apabila penyakit selesma tidak bertambah baik setelah dua hari, tentu saja konsultasi dokter diperlukan agar pasien dapat segera menjalani peme- riksaan darah yang membuktikan apakah sakitnya bukan karena infeksi yang lebih berbahaya, seperti dengue, demam tifoid atau hepatitis.

Dengan bertindak hati-hati dan mengetahui saat yang tepat untuk berobat, bukan saja penyakit yang berbahaya tetapi juga efek samping obat dapat dicegah.

Pandangan bahwa sakit selesma akan cepat sembuh jika obatnya keras atau jika minum antibiotik, harus dibuang jauh-jauh, karena infeksi virus umumnya diatasi oleh daya tahan tubuh sendiri dan akan sembuh bila saatnya tiba. Yang penting, penderita selesma harus cukup istirahat, memperoleh udara yang bersih dan makan makanan bergizi yang seimbang @Kompas.com (Obat pengencer dahak alami)