skripsi

Cara Membuat Susu Kedelai

Dimana lagi kalau bukan unikbaca

Cara membuat susu kedelai berikut ini cara membuat susu kedelai resep kusus cara membuat susu kedelai - Cara membuat susu kedelai untuk konsumsi bayi, pada dasarnya buat susu kedelai adalah sama baik dari segi bahan-bahannya, namun cara buat yang membedakan, bagaimana agar susu yang dihasilkan nanti benar-benar higienis dan layak dikonsumsi untuk bayi usia diatas 1 Tahun.

Berikut cara membuat susu kedelai :
  1. Pilihlah biji kedelai yang bagus kwalitasnya ( pisahkan jika ada kerikil atau kotoran lain )
  2. Cuci kedelai hingga bersih
  3. Selanjutnya kedelai direndam selama ± 8 - 10 jam dengan air yang dimasak hingga mendidih, tujuannya untuk menghilangkan rasa langu.
  4. Setelah kedelai direndam 10 jam, selanjutnya dicuci sambil diremas-remas agar kulit ari-nya terkelupas, (pastikan kulit ari kedelai 99,99% terkelupas agar nantinya tidak terdapat rasa pahit).
  5. Kedelai ditiriskan kemudian digiling / blander dengan ditambahkan air mendidih secukupnya sampai halus.
  6. Kedelai yang sudah selesai digiling / blander lalu dimasukkan kedalam panci dan campurkan air matang (perbandingan 1 : 10).
  7. Kedelai yang telah diberi air matang kemudian disaring dengan kain kassa, usahakan pilih kain kassa yang paling lembut, agar ampas kedelai tidak lolos dari saringan tersebut ).
  8. Setelah selesai disaring sari kedelai tersebut siap untuk di rebus dengan api kecil sambil diaduk hingga mendidih, (sebelumnya masukan daun pandan agar aromanya wangi, garam dan vanili secukupnya serta gula agar rasanya manis).
Dalam proses rendam, giling / blander serta pemberian air untuk disaring wajib menggunakan air yang baru dimasak mendidih. (Cara membuat susu kedelai)