Kepanjangan Internet

Dimana lagi kalau bukan unikbaca

Kepanjangan internet berikut inilah kepanjangan internet apa kepanjangan internet singkatan kepanjangan internet - Kepanjangan internet adalah 'interconnected-networking' ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian,yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket.

Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking. Internet telah berkembang dan menyambungkan kebanyakan pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada. Internet berkembang cepat sekali,hal ini dikarenakan penggunaannya mudah. Bagaimana tidak mudah???hanya dengan meng-”klik” sekali saja apa informasi yang dibutuhkan terpenuhi, baik di bidang teknologi,sosial,politik,sport,dll semua ada di internet. Internet menyimpan banyak sekali data-data,baik data fiktif maupun data yang asli.

Layanan yang paling populer dan yang paling sering digunakan dalam internet adalah email atau surat elektronik,world wide web,dan yang paling sering digunakan seseorang untuk mengerjakan tugas adalah google atau yang sering disebut sebagian mahasiswa dengan sebutan “mbah google”. Internet memungkinkan adanya servis terkini,seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk berkonikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.

Pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran / pengetahuan informasi dan data secara ekstrim.Selain itu,layanan email atau surat elektronik yang memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang lain hanya dengan cara yang sangat mudah.

Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka/bertemu langsung antara pihak penjual dengan pihak pembeli(dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government.

Di jaman yang makin modern ini,internet juga bisa digunakan ditempat umum yang menyediakan layanan internet termasuk perpustakaan,cafe-cafe,mall,dll. Ada juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi,pengguna hanya perlu membawa laptop(notebook), PDA, atau barang-barang elektronik lainnya yang mempunyai kemampuan wi-fi untuk mengakses internet.

Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC masih juga rendahlainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses internet adalah di kampus dan dikantor.

Disamping menggunakan PC, kita juga bisa mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas. Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.